Bahaya Merokok di Pagi Hari

Merokok di pagi hari, apalagi ditemani secangkir kopi, telah menjadi ritual yang sulit dipatahkan. Namun, kebiasaan ini sepertinya perlu dihentikan dari merokok di awal hari ini lebih berbahaya daripada merokok di siang atau malam hari.

Hasil gambar untuk bahaya merokok di pagi hari

Penelitian menunjukkan bahwa merokok setelah bangun tidur akan meningkatkan risiko kanker paru-paru, leher dan kepala. "Perokok pagi memiliki kadar nikotin dan racun lain yang tinggi dari tembakau di tubuhnya. Mereka juga lebih kecanduan daripada perokok yang menahan diri dari merokok setengah jam setelah bangun tidur," kata peneliti Joshua Muscat dari Penn State College of Medicine.

Untuk mengetahui mengapa beberapa perokok terkena kanker dan tidak, Muscat dan timnya meneliti kaitan antara risiko kanker apakah ada kebiasaan rokok pertama di pagi hari.

Studi pertama melibatkan 4.575 pasien dengan kanker paru-paru dan 2835 perokok lainnya tanpa kanker paru-paru. Mereka yang merokok 30 menit setelah bangun 1,79 kali lebih tinggi berisiko menderita kanker paru daripada mereka yang menunggu lebih dari 60 menit. Sementara itu, mereka yang merokok 31-60 menit setelah bangun memiliki risiko 1,31 kali dibandingkan dengan mereka yang menunggu setidaknya satu jam.

Studi kedua melibatkan 1055 orang dengan kanker otak dan leher dan 795 orang yang merokok namun tidak menderita kanker otak dan leher. Mereka yang merokok dalam 30 menit saat Anda terbangun 1,59 kali berisiko terkena kanker otak dan leher dibandingkan dengan mereka yang menunggu satu jam.

Risiko perokok yang merokok 31-60 menit setelah bangun 1,42 kali dibanding mereka yang menunggu setidaknya satu jam.

Bahaya Merokok di Pagi Hari