Latihan Reguler Dapat Meningkatkan Kesuburan Pada Wanita

Menurut sebuah studi baru, yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism, olahraga teratur dan penurunan berat badan meningkatkan ovulasi pada wanita yang memiliki sindrom ovarium polikistik (PCOS), Kelainan hormon yang sering menyebabkan ketidaksuburan.

Hasil gambar untuk Latihan Reguler Dapat Meningkatkan Kesuburan Pada Wanita

"Temuan tersebut mengkonfirmasi apa yang telah lama kami curigai - latihan dan diet sehat dapat meningkatkan kesuburan pada wanita yang memiliki PCOS," kata salah satu penulis penelitian, Richard Legro, seorang profesor di Penn State College of Medicine di Pennsylvania. Sindrom ovarium polikistik
Adalah penyebab paling umum infertilitas wanita. Kondisi ini terjadi ketika tubuh wanita menghasilkan sedikit lebih tinggi dari jumlah normal testosteron dan androgen lainnya, hormon seks yang terkait dengan sifat laki-laki.

Ketidakseimbangan hormon yang dihasilkan dapat menyebabkan menstruasi tidak teratur atau tidak ada, penambahan berat badan, jerawat, kelebihan rambut pada wajah dan tubuh, atau rambut yang menipis pada kulit kepala. Wanita dengan PCOS sering menggunakan pil KB untuk mengatur siklus menstruasi dan mengurangi kadar androgen di tubuh karena penelitian terdahulu menunjukkan bahwa pretreatment dengan program pil KB jangka pendek dapat meningkatkan tingkat kehamilan di antara wanita dengan PCOS.

Studi terbaru meneliti perbedaan hasil kehamilan di antara 149 wanita dengan PCOS yang memakai pil KB, menjalani modifikasi gaya hidup atau kombinasi dari dua intervensi untuk periode empat bulan. Peserta berusia antara 18 dan 40 tahun. Para periset menemukan bahwa wanita yang berpartisipasi dalam intervensi modifikasi gaya hidup dan minum pil KB lebih cenderung berovulasi daripada wanita yang ditugaskan minum pil KB. "Penelitian ini menunjukkan penurunan berat badan dan latihan prakonsepsi memperbaiki kesehatan reproduksi dan metabolik perempuan," kata Legro.

Latihan Reguler Dapat Meningkatkan Kesuburan Pada Wanita